Vincent Cobee Membesarkan Nama Datsun

Vincent Cobee Membesarkan Nama Datsun

Renault-Nissan kini tengah mencoba kembali membangkitkan kejayaan Datsun. Untuk mencapai tujuan tersebut, Renault-Nissan menunjuk Vincent Cobee sebagai Global Head of Datsun.

Pria lulusan Harvard tersebut dipercaya Chief Executive Officer Nissan, Carlos Ghosn, untuk mengembalikan nama harum Datsun seperti era 1970 hingga 1980. Pabrikan yang berdiri sejak 1930 tersebut masih cukup diingat oleh orang-orang yang besar di tahun 1970-an.

“Ini lebih dari sebuah ironi, bahwa kita tidak akan kembali ke sana,” tutur Vincent Cobee kepada Automotive News Europe.

Meski demikian, pria yang tahun lalu jadi saksi peluncuran produk Datsun di pameran resmi GAIKINDO di 2014 itu, tetap optimis akan masa kejayaan Datsun. Dia percaya suatu saat dapat menemukan jalan untuk mengembalikan kejayaan Datsun.

Carlos Ghosn meminta Vincent Cobee untuk membangun positioning Datsun sebagai mobil murah di negara-negara berkembang. Oleh karena itu, brand otomotif yang pernah disuntik mati pada tahun 1983 tersebut akan membangun dan memperkuat pasar di Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan.

Ghosn menginkan Cobee membuat mobil dengan harga yang murah. Jika pabrikan lain mengeluarkan mobil-mobil dengan harga yang tinggi maka Datsun diminta fokus untuk mengeluarkan mobil-mobil kurang dari US$7.000 atau sekitar Rp91 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *